Kasus Covid-19 di Eropa Kembali Naik, WHO Desak Upaya Vaksinasi Mencapai Target

Sabtu, 13 November 2021 - 19:01 WIB
loading...
Kasus Covid-19 di Eropa Kembali Naik, WHO Desak Upaya Vaksinasi Mencapai Target
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mendesak upaya vaksinasi di seluruh dunia mencapai target agar memastikan semua orang mendapat suntikan vaksin. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 kembali melonjak di Eropa, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mendesak upaya vaksinasi di seluruh dunia mencapai target agar memastikan semua orang mendapat suntikan vaksin.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (12/11/2021) waktu setempat.

Menurut laporan yang dirilis WHO, saat ini Eropa tercatat hampir dua juta kasus Covid-19 pada pekan lalu. Jumlah itu merupakan paling banyak terjadi dalam satu minggu.

Baca juga: 8 Film Hollywood dengan Adegan Ranjang Terbaik, Nomor 4 Bikin Heboh dan Paling Vulgar

Terkait mengenai sejumlah negara yang menerapkan pemberlakukan kembali pembatasan dan meluncurkan lebih banyak vaksin dan booster, WHO mengatakan, sangat penting untuk memastikan suntikan vaksin diberikan kepada mereka yang paling membutuhkannya.

"Ini bukan hanya tentang berapa banyak orang yang divaksinasi. Ini tentang siapa yang divaksinasi," jelas pihak WHO seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA), Sabtu (13/11/2021).

"Tidak masuk akal untuk memberikan booster kepada orang dewasa yang sehat, atau memvaksinasi anak-anak, ketika petugas kesehatan, orang tua dan kelompok berisiko tinggi lainnya di seluruh dunia masih menunggu dosis pertama mereka."

Sementara itu, menurut Direktur Kedaruratan WHO, Michael Ryan, di negara-negara dengan cakupan vaksinasi yang luas dan tinggi, peningkatan kasus Covid-19 tidak akan menyebabkan lebih banyak rawat inap dan kematian, karena vaksinasi sangat efektif untuk melindungi terhadap penyakit parah.

Kendati demikian, Ryan memperingatkan bahwa bahkan di negara-negara yang jumlah vaksinasi tinggi, masih berpotensi terjadi penularan Covid-19, terutama bila kelompok usia rentan seperti orang yang lebih tua tetap tidak divaksinasi.

Baca juga: Gejala Serangan Jantung di Kulit yang Jadi Tanda Mematikan

"Jika Anda berada di Eropa sekarang, di mana kita memiliki penularan yang intens, dan Anda berada dalam risiko tinggi kelompok rentan atau orang yang lebih tua dan Anda tidak divaksinasi, taruhan terbaik Anda adalah mendapatkan vaksinasi," tutup Ryan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)